Penggunaan Must - Modal Auxiliary

Must merupakan salah satu jenis dari modal auxiliary verbs yang mana memiliki beberapa fungsi dalam memodifikasi kata kerja utama dalam suatu kalimat. Seperti halnya jenis modal auxiliary verbs lainnya, must juga dapat digunakan dalam tiga jenis kalimat yaitu kalimat positif, negati, dan kalimat tanya. Nah pada kesempatan kali ini akan mencoba menjelaskan penggunaan Must (baik fungsi dan bentuk) dalam kalimat bahasa Inggris yang tentunya disertai juga dengan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 merupakan salah satu jenis dari modal auxiliary verbs yang mana memiliki beberapa fungsi  Penggunaan Must - Modal Auxiliary
Penggunaan Must - Modal Auxiliary

A. Fungsi Must

Secara umum, must memiliki dua fungsi dalam kalimat bahasa Inggris. Fungsi-fungsi tersebut adalah:

1. Untuk Menyatakan Keharusan (Necessity)

Fungsi yang pertama dari kata Must adalah untuk menatakan keharusan (necessity). Keharusan pada must memiliki sifat personal dimana keharusan tersebut merupakan suatu saran untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Perhatikan contoh berikut!
  • I really must stop smoking.
  • You really must come to our party. It will be amazing.
  • There are 5 calls from your mother today. You must call her immediately.
  • You must go to sleep after travelling all day.

Dari empat contoh di atas, kita bisa melihat fungsi must yang pertama yaitu mengungkapkan keharusan yang sifatnya saran pribadi (personal advice) baik untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

2. Untuk Menyatakan Kesimpulan yang Pasti (Certainly Conclusion)

Selain digunakan untuk menyatakan suatu keharusan (necessity), must juga dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan yang sudah jelas (certainly conclusion). Perhatikan contoh berikut!
  • If A is bigger than B, and B is bigger than C, then A must be bigger than C.
  • Marry must have a problem - she keeps crying.
  • He doesn't go to school. He must be sick.
  • You must be Anna's siste. You look just like her.

Contoh kalimat di atas menunjukkan bahwa must merupakan kesimpulan pasti yang didasrkan atas argumen-argumen yang melengkapinya. Pada contoh 'A must be bigger than C' merupakan kesimpulan pasti yang lahir dari argumen 'A is bigger than B, and B is bigger than C.' Begitu juga dengan contoh-contoh selanjutnya.

B. Bentuk Must dalam Kalimat

Seperti yang kita kethaui, kalimat pada umumnya memiliki tiga jenis yaitu; kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya. Selain digunakan dalam kalimat positif (affirmative statements), must juga dapat diguanakn dalam kalimat negatif (negative sentence) dan kalimat tanya (interrogative sentence). Berikut adalah penjelasannya

1. Must dalam Kalimat Negatif

Dalam kalimat negatif, kata mustn't atau must not digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan. Perhatikan contoh berikut!
  • The government really mustn't expect people to work hard for no money.
  • You must not open this parcel until Christmas Day.

2. Must dalam Kalimat Tanya

Must dalam kalimat tanya (interrogative sentence) tidak begitu umum digunakan karena posisinya sering digantikan oleh 'should' dan 'have to' untuk menanyakan keharusan. Perhatikan contoh berikut!
  • Should I move this table?
  • Do you have to do this? 

Akan tetapi, orang British sering menggunakan must untuk menanyakan tentang apakah sesuatu itu perlu/harus dilakukan atau tidak (Untuk orang Amerika lebih sering menggunakan have to). Perhatikan contoh berikut!
  • Must I clean all the rooms?
  • Why must you always leave the door open?

BACA JUGA:

Demikian penjelasan mengenai Penggunaan Must dalam kalimat bahasa Inggris, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman sekalian tentang Grammar. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 Response to "Penggunaan Must - Modal Auxiliary"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel