Narrative Text Legenda Roro Jonggrang (Singkat + Arti)

Narrative Text Bangsa kita kaya akan cerita legenda. Hampir di sulruh daerah di Indonesia, memiliki cerita lengeda yang sangat menarik dan penuh dengan pesan moral. Nah pada kesempatan kali ini Belajar Bahasa Inggris akan saya hadirkan contoh narrative text tentang cerita singkat legenda roro jonggrang beserta artinya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 memiliki cerita lengeda yang sangat menarik dan penuh dengan pesan moral Narrative Text Legenda Roro Jonggrang (Singkat + Arti)
Narrative Text Legenda Roro Jonggrang (Singkat + Arti) | www.belajarbahasainggris.us

The Legend of Roro Jonggrang

Once upon a time, there was a king named Prabu Baka. He reigned in Prambanan. Prabu Baka was a frightening and powerful giant. One day, in the battlefield of Prabu Baka died. A strong man named Bandung Bondowoso succeed killing Prabu Baka and overthrown his kingdom. As the prize, Bandung Bondowoso occupaied the Prambanan palace. There he was fascinated by the beauty of Roro Jonggrang, Prabu Boko's daughter, and meant to take her as his wife.

Roro Jonggrang had no other choice except to take Bandung Bondowoso's proposal. She was afraid that if she refused him, Bandung Bondowoso would kill her too. However, she made some requirements if Bandung Bondowoso wanted to merry her. The requirements were to make a thousand temples and two deep wells in one night. Those requiremnts were meant to fail Bandung Bondowoso, so he could never marry Roro Jonggrong. Yet, Bandung Bondowoso agreed. He was a strong man and he has an army of genies. On the appointed day, Bandung Bondowoso along with his genies army began to build a thousand tamples and two deep wells.

BACA JUGA: Penjelasan Narrative Text & Contoh

Roro Jonggrang would never expected that the impossible job that she gave to Bandung Bondowoso was nearly finished. Feeling afraid, Roro Jonggrang asked her maids to burn a big amount of straw in the east and to pound rice. Those actions were meant to trick Bandung Bondowoso and his genies that the night was over. Seeing the dawn light in the east and hearing the sound of women pounding rice, Bandung Bondowoso felt it was morning already, so he stopped his work. He began to count the temples and found there were only 999 temples. Bandung Bondowoso failed to complete the works that Roro Jonggrong had requested.

Bandung Bondowoso could not accept it. He felt something wrong too. Later on he knew that Roro Jonggrang had tricked him so he could not finished the work. With angry, He cursed Roro Jonggrang's maids that they would never marry till death. And for Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso turned her to be a statue.  

Arti/Terjemahan:

Legenda Roro Jonggrang

Dahulu kala, ada seorang raja bernama Prabu Baka. Dia memerintah di Prambanan. Prabu Baka adalah raksasa yang menakutkan dan kuat. Suatu hari, di medan perang Prabu Baka meninggal dunia. Pria kuat bernama Bandung Bondowoso berhasil membunuh Prabu Baka dan menggulingkan kerajaannya. Sebagai hadiahnya, Bandung Bondowoso menduduki istana Prambanan. Di sana ia terpesona oleh keindahan Roro Jonggrang, daugther Prabu Boko, dan bermaksud membawanya sebagai istrinya.

Roro Jonggrang tidak punya pilihan selain menerima lamaran dari Bandung Bondowoso. Dia takut jika menolaknya, Bandung Bondowoso juga akan membunuhnya. Namun, dia membuat beberapa persyaratan jika Bandung Bondowoso ingin menikahinya. Persyaratannya adalah membuat seribu candi dan dua sumur yang dalam dalam waktu semalam. Persyaratan itu dimaksudkan untuk menggagalkan Bandung Bondowoso, jadi dia tidak akan pernah bisa menikahi Roro Jonggrong. Namun, Bandung Bondowoso setuju. Dia adalah orang yang kuat dan dia memiliki bala tentara jin. Pada hari yang ditentukan, Bandung Bondowoso beserta pasukannya jinnya mulai membangun seribu candi dan dua sumur yang dalam.

Roro Jonggrang tidak akan pernah menduga bahwa pekerjaan mustahil yang dia berikan kepada Bandung Bondowoso sudah hampir selesai. Merasa takut, Roro Jonggrang meminta pelayannya membakar jerami dengan jumlah besar di timur dan menumbuk padi. Tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengelabui Bandung Bondowoso dan jinanya bahwa malam telah berakhir. Melihat cahaya fajar di timur dan mendengar suara wanita menumbuk padi, Bandung Bondowoso merasa sudah pagi hari, jadi dia menghentikan pekerjaannya. Dia mulai menghitung candi dan mendapati hanya ada 999 candi. Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan pekerjaan yang diminta oleh Roro Jonggrong.

Bandung Bondowoso tidak bisa menerimanya. Dia juga merasakan sesuatu yang salah. Kemudian dia tahu bahwa Roro Jonggrang telah menipunya sehingga dia tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya. Dengan marah, Dia mengutuk pelayan Roro Jonggrang bahwa mereka tidak akan pernah menikah sampai mati. Dan untuk Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso mengubahnya menjadi arca.

Demikianlah salah satu Contoh Narrative Text tentang cerita legenda singkat Roro Jonggrong yang disertai juga dengan arti/terjemahannya. Semoga contoh narrative text di atas bisa membuat kita dapat lebih paham lagi tentang apa itu narrative text. Terima kasih sudah mau berkunjung.

0 Response to "Narrative Text Legenda Roro Jonggrang (Singkat + Arti)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel