Surat Bahasa Inggris: Pengertian & Jenis-jenis

Surat Bahasa Inggris Apa yang ada di pikiran anda jika mendengar kata surat; alat komunikasi, selembar kertas, jaman dulu alias jadul, menurut "Bang Wiki" Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan pengertian dan jenis-jenis surat secara umum. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Surat Bahasa Inggris: Pengertian & Jenis-jenis

A. Apa itu Surat?

Surat menjadi salah satu komponen komunikasi yang ada sejak jaman dulu kala, walaupun fungsinya hampir sebagian besar digantikan oleh media komunikasi elektronik yang tentunya tidak repot, praktis dan menarik seperti handphone, telephone, telegraph, e-mail tetapi surat tidak begitu saja dilupakan. Fungsi surat sebagai sarana pemberitahuan dan permintaan banyak digunakan di masa modern seperti ini. seperti halnya ketika kita sedang melamar pekerjaan, meminta maaf secara formal, mengadukan sesuatu atau seseorang dan bahkan mengatakan cinta. Oleh karena itu, penulis hadirkan cara menulis, format dan contoh surat yang tentunya dalam bahasa inggris. 

B. Jenis-jenis Surat

Secara garis besar, surat terbagi menjadi dua jenis yaitu surat resmi (business letter) dan surat tidak resmi (friendly letter). Kedua jenis surat tersebut memiliki ciri-ciri khusus masing-masing. Untuk surat resmi, penulisannya lebih banyak menggunakan kalimat pasif (passive voice) dan tentunya menggunakan bahasa formal (baku) dengan kalimat yang kompleks. Penggunaan singkatan pun dibatasi dan bahkan tidak diperbolehkan. Sedangkan, untuk surat tidak resmi, bahasa yang digunakan bersifat informal (menggunakan bahasa koloqual dan terkadang idiom).

Untuk lebih memahami tentang jenis-jenis surat beserta cara menulisnya, berikut kami sertakan beberapa artikel tentang surat bahasa Inggris.

1. Surat Resmi Bahasa Inggris (Business Letter)

2. Surat Pribadi Bahasa Inggris (Friendly Letter)
  • Format Penulisan Surat Informal Bahasa Inggris (Friendly Letter)
  • Menulis Surat Cinta Bahasa Inggris
  • Contoh Surat Cinta Bahasa Inggris
  • Menulis Surat Undangan Bahasa Inggris (Invitation Letter)
  • Contoh Surat Undangan Bahasa Inggris (Invitation Letter)

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dan jenis-jenis Surat Bahasa Inggris (English Letter), semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan dari artikel ini, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 Response to "Surat Bahasa Inggris: Pengertian & Jenis-jenis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel