Pengertian Grammar dari Beberapa Ahli Grammar

Apa itu Grammar?? Haduhhhh.... Grammar lagi grammar lagi.... Pusing.... Pasti kebanyakan orang melontarkan kalimat yang sama ketika mendengar kata grammar. Tapi memang benar, grammar merupakan materi pelajaran bahasa Inggris yang lumayan susah dipelajari jika tanpa usaha dan latihan yang konsisten.

Secara garis besar grammar adalah ilmu tata bahasa yang harus dipelajari guna menguasai ke-4 keterampilan berbahasa Inggris, speaking, writing, reading, ataupun listening dengan benar. Jika ada orang bertanya apakah mempelajari grammar itu penting, tentunya anda tahu sendiri bahwa pengaruh grammar mencakup ke-4 keterampilan berbahasa Inggris.

Berikut pada kesempatan kali ini, akan mencoba menghadirkan beberapa pengertian grammar dari beberapa ahli guna mengetahui apa sih grammar itu, dan cakupan grammar bahasa Inggris yang akan kita pelajari lebih lanjut di website ini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Pasti kebanyakan orang melontarkan kalimat yang sama ketika mendengar kata grammar Pengertian Grammar dari Beberapa Ahli Grammar
Pengertian Grammar dari Beberapa Ahli Grammar | http://www.belajarbahasainggris.us

Menurut Barbara Dykes (2007: 5) dalam bukunya Grammar for Everyone menyebutkan bahwa pengertian paling sederhana dari grammar. Menurut dia, "grammar is a language to talk about language" atau bisa diartikan grammar adalah bahasa untuk mempelajari bahasa. Mengapa demikian? Karena dari grammar, dia lebih lanjut menjelaskan, kita bisa mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan bahasa tidak lepas kaitanya dengan mempelajari grammar; dimulai dari kosakata dan fungsinya, pola kalimat, ungkapan, dan makananya.

Goeffrey Leech (1982: 3) dalam bukunya English Grammar for Today mendefiniskan grammar sebagai "Grammar refers to the mechanism according to which language works when it is used to communicate." Artinya, grammar merujuk pada mekanisme sesuai dengan kerja bahasa ketika digunakan dalam berkomunikasi. Dari pengertian tersebut bisa kita pahami bahwa grammar merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bahasa bekerja untuk berkomunikasi. 

Menurut Jeffry Coghill, Grammar of language is the set of rules that govern its structure. Grammar determines how words are arranged to form meaninful units." Artinya, grammar suatu bahasa merupakan seperangkat aturan yang mengatur struktur bahasa itusendiri. Grammar menentukan bagaimana kata-kata disusun untuk membentuk unit bahasa yang bermakna. Grammar disini diartikan dengan sangat jelas dimana grammar diartikan sebagai seperangkat aturan untuk membentuk bahasa agar mempunyai makna atau bisa dipahami.

Menurut Michael Swan (2005:xix) dalam bukunya Practical English Usage, melontarkan pendapatnya mengenai definisi grammar. Menurutnya grammar adalah The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning." Atau bisa diartikan sebagai berikut "Grammar adalah aturan yang menerangkan bagaimana kata digabungkan, disusun atau diubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna.”

Cakupan materi untuk grammar bahasa Inggris cukuplah luas, untuk itu bersama keinginan penulis untuk menulis artikel-artikel mengenai grammar, penulis hadirkan beberapa artikel tentang grammar bahasa Inggris dengan penjelasan dan contohnya.

BACA JUGA: Materi-materi Dasar Belajar Grammar

Demikian penjelasan Pengertian Grammar dari Para Ahli, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bahasa Inggris khususnya grammar. Jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun terjemahan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih... ^^English is Fun^^

References:
Dykes, Barbara. (2007). Grammar for Everyone. Victoria: ACER Press.
Leech, Goeffry. (1982). English Grammar for Today. London: The Macmillan Press.
Coghill, Jeffry. (2003). English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.
Swan, Micheal. (2005). Practical English Usage 3rd Edition. Oxford: Oxford University Press.

0 Response to "Pengertian Grammar dari Beberapa Ahli Grammar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel