Email Bahasa Inggris: Cara Menulis & Contoh

Email dalam Bahasa Inggris Di zaman yang semakin maju ini, peran penyampaian informasi tidak hanya dilakukan melalui surat saja. Ada banyak cara dan salah satunya adalah menggunakan email (electronic mail/surat elektronik). Peran email sekarang ini sangatlah penting, karena pengiriman pesan melalui email dinilai lebih praktis dan tidak memakan waktu banyak. Akan tetapi, penulisan email yang baik dan benar meruapakan hal yang baru. Terkadang, ketika kita ingin menuliskan email untuk dosen atau professor, misalnya, tak jarang kita bingung apakah email yang kita kirim sudah terhitung formal atau tidak.

Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan penjelasan mengenai cara menulis email dalam bahasa Inggris baik formal maupun informal yang tentunya disertai juga dengan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 peran penyampaian informasi tidak hanya dilakukan melalui surat saja Email Bahasa Inggris: Cara Menulis & Contoh
Email Bahasa Inggris: Cara Menulis & Contoh | http://www.belajarbahasainggris.us

A. Email Bahasa Inggris Formal (Resmi)

Email bahasa Inggris yang sifatnya formal atau resmi biasanya ditujukkan untuk atasan atau perwakilan dari suatu institusi, kantor, perusahaan, sekolah, dan lain sebagainya. Bagi para mahasiswa, menulis email resmi ini sangatlah penting karena dalam menghubungi dosen biasanya menggunakan media email. Untuk itu, kita perlu tahu cara menulis email resmi dalam bahasa Inggris.

Menulis email resmi juga memiliki format penulisan seperti halnya ketika kita menulis surat resmi; walaupun formatnya sangat sederhana jika dibandingkan dengan format penulisan surat resmi. Berikut adalah format penulisan email resmi dalam bahasa Inggris:

1. Salutation (Salam Pembuka)

Salam pemubka pada email resmi sama seperti salam pembuka pada surat resmi. Biasanya salam pembuka mengguankan kata Dear Mr./Ms nama orang yang kita tuju. Jika kita tidak tahu nama orang tersebut, kita bisa menggunakan jabatan yang dia pegang seperti, 'Dear HRD Manager' atau 'To Whom it May Concern'. Perlu diingat, jangan menggunakan salam pembuka dengan kata 'Hello' atau 'Hi' karena cenderung bersifat informal atau tidak resmi.

2. Body Paragraphs (Isi)

Perlu diingat bahwa menulis email resmi haruslah singkat, padat, dan jelas. Biasanya, isi email resmi hanya terdiri dari satu paragraf dengan beberapa kalimat saja. Maksimalnya, kita hanya bisa menuliskan 4 paragraf saja. Tidak lupa, di kalimat akhir paragraf, kita harus menuliskan kata 'Thank you' atau terima kasih. Berikut adalah pilihan kalimatnya:
  • Thank you for your assistance with…
  • Thank you for your time and I look forward to hearing back from you.
  • Please feel free to call or email me if you have any questions.
  • I would appreciate it if this could be taken care of promptly.

3. Closing (Penutup)

Sepertihalnya pada salam pembuka, dibagian penutup untuk email resmi juga sama dengan penutup di surat resmi. Kita biasanya menggunakan kata 'Thank you', 'Best regards', atau 'Sincerely' yang kemudian diikuti oleh nama kita.

Perlu Diingat!
  • Dilarang menggunakan kata singkatkan; can't, don't, I'm, dan sebagainya.
  • Isi email tidak boleh menggunakan huruf besar semua.
  • Gunakanlah kosakata (vocabulary) dan tatabahasa (grammar) yang baik dan benar.
  • Jangan menggunakan ungkapan slang atau idiom
  • Bila perlu, bacalah email yang kita buat dua kali untuk menghindari kesalahan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

Contoh:

Dear Professor Johnson,
I was unable to attend class today due to a doctor’s appointment. When you have a moment,
could please let me know what I missed and what homework I need to have completed for
Friday?
Thank you,
Julia Smith

Terjemahan:

Yang Terhormat Professor Johnson,
Saya tidak bisa menghadiri kelas hari ini dikarenakan ada janji dengan dokter. Jika Anda memiliki waktu luang, tolong beritahu saya tentang apa saja yang saya lewatkan dan pekerjaan rumah apa yang harus saya selesaikan untuk hari Jumat nanti?
Terima kasih,
Julia Smith

B. Email Bahasa Inggris Informal (Tidak Resmi)

Email yang bersifat informal (tidak resmi) biasanya ditujukan untuk kerabat, keluarga, teman dekat kita. Isi email tersebut juga berkaitan tentang hal-hal sehari-hari yang sifatnya tidak resmi. Penulisan pada email informal ini tidak begitu ketat seperti pada email formal. Kita bisa menggunakan beberapa kata idiom atau singkatan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut!!! 

Contoh:

Hi Anne,
I miss you so much! Can’t wait to see you on Friday!! We haven’t hung out in so long! I miss
my bestie! Maybe we can go to the movies or dinner or just chill and watch TV and catch
up…idc, whichever you want.
Love ya,
Jules

Terjemahan:

Hi Anne,
AKu kangen banget! Gak sabar ingin bertemu dengan mu di hari Jumat nanti!! Kita sudah lama tidak hang out bareng! Aku kangen sahabatku! Mungkin kita bisa pergi ke bioskop atau makan malam atau cuma nyantai dan nonton TV dan cerita-cerita... aku tidak peduli, manapun yang kamu suka.
Cinta,
Jules

Note:
Dari contoh di atas kita bisa melihat bahwa email tersebut ditujukan untuk teman dekat Jules yaitu Anne. Isi email tersebut hanya seputar keinginan ingin bertemu karena sudah lama tidak berjumpa. Kita bisa melihat ada beberapa kata yang disingkat seperti Can't dan haven't. Bahasa yang digunakan juga bahasa sehari-hari yang tercermin pada kata 'bestie' dan 'idc' (I don't care/saya tidak peduli).

BACA JUGA:

Demikian Contoh dan Cara Menulis Email Bahasa Inggris baik resmi dan tidak resmi, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman sekalian. Jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi surat dari artikel ini, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih…

0 Response to "Email Bahasa Inggris: Cara Menulis & Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel