RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017


 Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan
Kelas /Semester : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Variasi Dan Kombinasi Gerak Spesifik Dalam Berbagai Permainan Sepak Bola
Alokasi Waktu : 6 JP ( 2Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola
3.1.2 Menganalisis variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola
3.1.3 Menjelaskanvariasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola
4.1.1 Menerapkan Variasi dan Kombinasi dalam Sepak Bola
4.1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasigerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
Menjelaskan Variasi-Kombinasi Keterampilan dan Permainan Sepak bola
Mempraktekkan cara Mengoper dan Menembak Bola ke Gawang
Bermain Memanfaatkan Ruang Kosong dengan Cara Mengoper dan Menghentikan Bola
Mempraktekkan Sepak Bola Sentuh Pemain
Mempraktekkan Permainan Sepak Bola Bowling
Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.


D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler

Fakta:
• Siswaperlu aktif bergerak agar dapat menunjukkan keterampilan gerakterbaiknya, dan bisa mengenali kemampuan tubuh sendiri sertaciri kemampuan gerak sendiri. Diharapkan melalui banyak belajargerak, siswa akan dengan mudah mengenali tubuhnya sendiri,memahami kemampuan gerak, dan bisa menjalani kebiasaan hidupaktif bergerak di sepanjang hayat sehingga tubuh sendiri tidakmembebani dirinya sendiri, tetapi justru dapat mengantarkan jadimandiri dan sejahtera. Siswa mencapai derajat sehat jasmani yangberdampak pada sehat mental, sehat perasaan, dan sehat sosial
Konsep
• Variasi dalam permainan sepakbola adalah melakukan satu bentuk gerakan teknik dasardengan berbagai cara, seperti : melakukan prinsip dasar mengumpan/menendang bola di tempat,sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasanganmaupun kelompok.
Prinsip
• Menunjukkan sikap tidak curang saat melakukanpermainan, dengan jujur
• Merapihkan kembali peralatan yang telah digunakan padatempatnya, dengan baik
• Melakukan gerakan yang tidak membahayakan diri sendiridan orang lain, dengan baik
• Melakukan aktivitas fisik secara berkelompok, beregu,dan berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisikatau psikis, dengan baik
• Saling membantu teman bila ada kesulitan dalammelakukan gerakan, dengan baik
• Melakukan permainan tidak menguasai bola sendiri danselalu mengoper bola pada teman, dengan baik
• Mengikuti,peraturan, petunjuk atau arahan yang telahdiberikan guru, dengan baik
Prosedur
• Menerapkan Variasi dan Kombinasi dalam Sepak Bola
• Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan sepak bola

2. Materi pembelajaran remedial
aktivitas permainan spesifik sepak bola
3. Materi pembelajaran pengayaan
aktivitas permainan spesifik sepak bola

Baca Juga:
RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017


E. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.
• Cakupan (Inclusive).
• Demonstrasi.
• Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
• Timbal-balik (Resiprokal).
• Jigshaw.
• Periksa sendiri (selfcheck).
• Penugasan.
• Project Based Learning.
• Problem-Based Learning.
• Pendekatan Scientific.

F. Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Media LCD projector,
Laptop,
Bahan Tayang
Alat dan bahan
Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan basket/voli
Bola ± 18 buah
Gawang/ cone ± 4 buah
Tiang bendera /cone ± 12 buah
Stopwatch = 1 buah
Pluit = 1 buah
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran

…………………………                 …………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

0 Response to "RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel