Discussion Text : Penjelasan & Contoh UPDATE!!!

Discussion Text -  Pernah berdiskusi??? Huh, saya yakin sobat-sobat sekalian pastinya sudah akrab betul dengan yang namanya diskusi, bahkan sering melakukannya. Kita sering berdiskusi terutama untuk mencari suatu jalan keluar dari masalah yang di hadapi. Yang namanya diskusi, pastinya wajar saja jika ada yang pro dan kontra. Karena sebenarnya diskusi merupakan alat untuk mencapati kemufakatan. Tidak hanya kita lakukan dalam dunia kerja atau pendidikan saja, tatapi kita sering berdiskusi untuk hal-hal yang kecil seperti meminta pendapat. Nah sebenarnya salah satu genre bahasa Inggris yaitu discussion text menghadirkan wacana yang sama seperti halnya waktu kita berdiskusi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai penjelasan dan contoh discussion text secara lengkap. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan mengenai discussion text berikut ini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Discussion Text

Diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu antara dua pemikiran, pandangan atau pendapat yang berbeda. Dan discussion text bisa di definisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang bermasalah. Wacana yang bermasalah ini adalah wacana yang memiliki dua kubu antara pro dan kontra atau antara pendukung isu dan penentang isu. Masalah yang dihadirkan dalam discussion text nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua sudut pandang tersebut yang pada akhirnya bisa ditarik kesimpulan atau rekomendasi.

B. Tujuan Komunikarif Discussion Text

Tujuan komunikatif dari Discussion Text itu sendiri adalah untuk mengetengahkan suatu masalah atau isu yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi.

C. Struktur Kebahasaaan Discussion Text

Dalam discussion text, terdapat empat struktur kebahasaan yang terlihat dari ide pokok di setiap paragraf dalam discussion text. Beirkut adalah ke-4 struktur kebahasan dari discussion text, yaitu:

  1. Issue
    Issue terletak di paragraf pertama yang berisi penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan.

  2. Supporting Points
    Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung isu. Di setiap paragraf Supporting Point terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

  3. Contrasting Points
    Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf Spportin Point, Contrasting Points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian ari ide pokok paragraf tersebut.

  4. Conclunlusion or Recomendation
    Dalam bagian ini penulis menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.

D. Ciri Kebahasaan Discussion Text

Di dalam membuat Discussion Text, penulis harus memperhatikan penggunaan bahasa yang biasa diterapkan, seperti:

  1. Menggunakan simpel present tense
  2. Menggunakan modalites, seperti must, should, would, may, etc.
  3. Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection, seperti similiary, however, furthemore, on the other hand, moreover, in addition, but, nevertheless, etc.

sobat sekalian pastinya sudah akrab betul dengan yang namanya diskusi Discussion Text : Penjelasan & Contoh UPDATE!!!


E. Contoh Discussion Text

Untuk menambah dan melengkapi penjelasan di atas tentang discussion text, sengaja saya sertakan contoh discussion text beserta terjemahannya berikut ini.

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power

(Issue)
Nuclear power is a kind power supply that is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. Nuclear power becomes the answer to produce clean and efficient energy that will make this world better. However, not all people agree with that. Some of them believe that nuclear power supply is dangerous. Pro-contra of building nuclear power supply becomes a major topic to discuss among society.

(Supporting Points)
Nuclear power produces around 11% of the world's energy needed, and produces huge amounts of energy. It cause no pollution as we would get when burning fossil fuels. The advantages of nuclear plant are as follow:

  • It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect.
  • It produces huge amounts of energy from small amount of uranium.
  • It produces small amount of waste.
  • It is reliable.

(Contrasting Points)
On the other hand, nuclear power is very, very dangerous. If the nuclear power supply is leak off or blow up, the radiation can bring harm to any living being surrounding. Nuclear radiation is deadly which can make people physically defect. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident ca be a major accident.

(Conclusion or Recommendation)
Nuclear power is a better alternative energy supply to replace fossil fuels energy supply. However, nuclear power is also dangerous if it is not built properly. In conclusion, nuclear power is the best answer to fulfill our needs of clean and efficient energy which is sustainable in the future. Government should make careful constructions and good maintains to make nuclear power save.

Terjemahan:

Tenaga nuklir merupakan pembakit listrik yang dibangkitkan dengan menggunakan uranium yang merupakan sejenis logam yang bisa ditemukan di berbagai tempat di dunia. Tenaga nuklir menjadi jawaban untuk memproduksi energy yang bersih dan efisient yang akan membuat dunia ini lebih baik. Akan tetapi, tidak semua orang setuju dengan hal itu. Beberapa dari mereka percaya pembangkit listrik tenaga nuklir itu berbahaya. Pro-kontra pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi topik besar yang didiskusikan diantara masyarakat.

Tenaga nuklir memproduksi sekitar 11% tenaga yang dibutuhkan dunia dan menghasilkan total energi yang besar yang tidak menyebabkan polusi seperti yang akan kita dapatkan ketika membakar bahan bakar fosil. Keuntungan dari nuklir adalah sebagai berikut:

  • Tidak menghasilkan asap atau karbon dioksida, jadi tidak menyumbang efek rumah kaca.
  • Menghasilkan energi yang banyak dari sedikit uranium.
  • Menghasilkan sedikit pembuangan.
  • Bisa diwujudkan.

Di sisi lain, tenaga nuklir sangatlah berbahaya. Jika pembangkin listrik tenaga nuklir tersebut bocor atau meledak, radiasinya bisa membawa ancaman bagi semua makhluk hidup disekelilingnya. Radiasi nuksli itu mematikan yang dapat membuat orang cacat. Nuklir harus di kunci dan di kubur untuk beberapa tahun untuk mematikan radioactiv-nya. Selanjutnya, walaupun tenaga nuklir bisa diwujudkan, banyak uang harus digunakan untuk keamanannya karena jika terjadi kesalahan, sebuah kecelakaan nuklir bisa menyebabkan kecelakaan yang besar.

Tenaga nuklir merupakan pembakit listrik alternative yang lebih baik untuk menggantikan pembangkit listrik tenaga fossil. Tetapi, tenaga nuklir juga berbahaya jika tidak dibangun dengan benar. Kesimpulannya, tenaga nuklir merupakan jawaban terbaik untuk memenuhi kebutuhan kita akan energi yang bersih dan efisient yang bisa berkelanjutan di masa depan. Pemerintah harus membangunya dengan hati-hati dan merawatnya dengan benar untuk membuat tenaga nuklir aman.

Semoga penjelasan dan contoh Discussion Text di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan tentunya bisa menambah wawasan sobat sekalian tentang apa itu discussion text dan bagaimana cara membuatnya. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih… ^^English is Fun^^

Liat juga ya sobat Contoh Discussion Text lainnya beserta terjemahnya, di sini.

0 Response to "Discussion Text : Penjelasan & Contoh UPDATE!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel