Contoh Explanation Text : Why Seawater is Salty?

Explanation Text Pernakah sobat sekalian mencicipi rasa air laut? Asin? Air laut, tidak seperti air di darat, memang berasa asin. Pernakah sobat bertanya-tanya mengapa air laut itu asin? Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan sebuah Contoh Explanation Text tentang "Why Seawater is Salty?" tentunya berserta terjemahannya juga. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Why Seawater is Salty?

Most of our planet’s surface is covered in water – salt water. The oceans that support so much of Earth’s life are around 3.5% sodium chloride – 50 million billion tonnes of salt.

But where does it come from? While some of it comes from volcanic vents or rocks on the seabed, most of it is actually from the land around us. Every time it rains, tiny amounts of mineral salts are washed into rivers, which eventually flow into the sea.

The salt in rivers is less than 1/200th the amount usually found in seawater. It becomes more concentrated in the ocean, as the Sun’s heat causes water from the surface to evaporate, leaving the salt behind. Extra salt added every year from rivers is balanced by salt which returns to the sea floor.

But salinity isn’t the same everywhere. Towards the poles, water is not as salty because it’s diluted by melting ice, while the extra heat in the tropics makes water there saltier – and denser.

 Pernakah sobat sekalian mencicipi rasa air laut Contoh Explanation Text : Why Seawater is Salty?

Terjemahan:

Mengapa Air Laut Asin?

Sebagian besar permukaan planet kita tertutup air - air garam. Lautan yang mendukung begitu banyak kehidupan bumi adalah sekitar 3,5% natrium klorida - 50 juta miliar ton garam.

Tapi dari mana asalnya? Meskipun sebagian datang dari ventilasi vulkanik atau batuan di dasar laut, sebagian besar adalah benar-benar berasal dari tanah di sekitar kita. Setiap kali hujan, sejumlah kecil garam mineral dicuci ke sungai, yang akhirnya mengalir ke laut.

Garam di sungai kurang dari 1/200 jumlah biasanya ditemukan dalam air laut. Hal itu menjadi lebih terkonsentrasi di laut, ketika panas matahari menyebabkan air dari permukaan menguap, meninggalkan garam di belakang. Garam tambahan ditambahkan setiap tahun dari sungai diimbangi oleh garam yang kembali ke dasar laut.

Tapi salinitas tidak sama di mana-mana. Ke arah kutub, air tidak asin karena itu diencerkan dengan pencairan es, sementara panas tambahan di daerah tropis membuat air di sana lebih asin - dan lebih padat.

Terima kasih sudah berkenan membaca salah satu Contoh Explanation Text di atas tentang "Why Seawater is Salty", semoga bisa menambah pemahaman sobat sekalian tentang apa itu Explanation Text dan bagaimana cara membuatnya. Apabila ada diantara sobat sekalian yang menemukan suatu kesalahan baik berupa penulisan, isi, maupun terjemahan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun utnuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^English is Fun^^

Lihat juga Contoh Explanation Text lainnya, di sini.

0 Response to "Contoh Explanation Text : Why Seawater is Salty?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel