Contoh Explanation Text : Tsunami

Explanation Text Bagi masyarakat Indonesia, kata Tsunami tidaklah asing di telinga. Teringat pada tahun 2004 ketika bencana terbesar yang dialami oleh bangsa kita, ketika gelombang tsunami menghantam daerah sumatra utara dan sekitarnya. Peristiwa yang meluluhlantakkan Sumatra Utara khususnya Aceh tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh bangsa kita. Tapi bagaimana kah tsunami bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan, pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan sebuah contoh explanation text tentang bagiamana Tsunami terjadi, tentunya beserta terjemahannya juga. Semoga bermanfaat... Check this out!!!


Tsunami

The term of “tsunami” comes from the Japanese which means harbor ("tsu") and wave ("nami"). A tsunami is a series of waves generated when water in a lake or the sea is rapidly displaced on a massive scale.

A tsunami can be generated when the sea floor abruptly deforms and vertically displaces the overlying water. Such large vertical movements of the earth's crust can occur at plate boundaries. Subduction of earthquakes are particularly effective in generating tsunamis, and occur where denser oceanic plates slip under continental plates. 

Tsunami always bring great damage. Most of the damage is caused by the huge mass of water behind the initial wave front, as the height of the sea keeps rising fast and floods powerfully into the coastal area.

 ketika bencana terbesar yang dialami oleh bangsa kita Contoh Explanation Text : Tsunami

Terjemahan:

Tsunami

Istilah "tsunami" berasal dari Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami"). Tsunami adalah serangkaian gelombang yang dihasilkan ketika air di danau atau laut dengan cepat berpindah dalam skala besar.

Tsunami dapat dihasilkan ketika dasar laut tiba-tiba berdeformasi dan secara vertikal memindahkan air di atasnya. Gerakan vertikal yang begitu besar pada kerak bumi dapat terjadi pada batas lempeng. Subduksi gempa bumi sangat efektif dalam menghasilkan tsunami, dan terjadi di mana lempeng samudera yang lebih padat menyelinap di bawah lempeng benua.

Tsunami selalu membawa kerusakan besar. Sebagian besar kerusakan disebabkan oleh massa besar air di belakang depan gelombang awal, ketika ketinggian laut terus naik dengan cepat dan banjir kuat bergerak kedalam area pesisir.

Semoga Contoh Explanation Text di atas tentang "Tsunami" bisa menambah pemahaman sobat sekalian tentang apa itu Explanation Text dan bagaimana cara membuatnya. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan, isi, maupun terjemahan dari contoh explanation text di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^English is Fun^^

Lihat juga Contoh Explanation Text lainnya, di sini.

0 Response to "Contoh Explanation Text : Tsunami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel