Contoh Explanation Text : How Does Earthquake Happen?

Explanation Text Negeri seribu gempa, selain Jepang, negara kita pantas untuk menerima predikat seperti itu. Mengingat negara kita merupakan tempat bertemunya dua lempeng dunia sehingga terdapat banyak gunung berapi yang merupakan salah satu faktor terjadinya gempa bumi. Tak terhitung sudah berapa kali bencana gempa bumi melanda negeri kita. Tapi bagaimana gempa bumi bisa terjadi?? 

Untuk menjawab pertanyaan di atas tentang bagaimana gempa bumi terjadi, pada kesempatan kali ini akan mengangkat topik tersebut ke dalam sebuah contoh explanation text. Semoga contoh xxplanation text di bawah ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Check this out!!!

How Does Earthquake Happen?

Earthquake is one of the most destroying natural disasters. Unluckily it often happens in several regions. Recently a horrible earthquake has shaken West Sumatra. It has brought great damages. Why did it occur? Do you know how an earthquake happens?

Earthquakes are usually caused when rock underground suddenly breaks along a fault. This sudden release of energy causes the seismic waves. It make the ground shake. When two two plates of rock are rubbing against each other, they stick a little. They don't just slide smoothly. The rocks are still pushing against each other, but not moving. 

After a while, the rock plates break because of all the pressure that's built up. When the rocks break, the earthquake occurs. 

 negara kita pantas untuk menerima predikat seperti itu Contoh Explanation Text : How Does Earthquake Happen?

Terjemah:

Bagaimana Gempa Bumi Terjadi?

Gempa adalah salah satu bencana alam yang paling merusak. Sayangnya sering terjadi di beberapa daerah. Baru-baru ini gempa yang mengerikan telah mengguncang Sumatera Barat. Ini telah membawa kerusakan yang besar. Mengapa gempa bumi bisa terjadi? Apakah Anda tahu bagaimana gempa bumi terjadi?

Gempa bumi biasanya disebabkan ketika batu-batu di bawah tanah tiba-tiba pecah di sepanjang patahan. Energi yang tiba-tiba keluar tersebut menyebabkan gelombang seismik. Itu membuat tanah terguncang. Ketika dua lempeng batu bergesekan satu sama lain, mereka akan menempel dan berhenti. Lempengan-lempengan batu tersebut tidak bisa meluncur lancar. Sementara itu, lempengan batu tersebut masih mendorong satu sama lain. 

Setelah beberapa waktu, lempengan batu tersebut patah karena semua tekanan yang terjadi. Ketika lempengan batu tersebut patah, gempa bumi pun terjadi.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca Contoh Explanation Text di atas tentang "how earthquaks happen", semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan, isi, maupun terjemahan dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^English is Fun^^

Lihat juga Contoh Explanation Text, di sini.

0 Response to "Contoh Explanation Text : How Does Earthquake Happen?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel